MAKALAH
PROSEDUR ADMINISTRASI
PENJUALAN BARANG
DISUSUN OLEH
Nama Kelompok :
1. Dita ulut
rahmawati
2. Fransiska
femmy noviati
3. Muthia
fanza
4. Dedek
candra
5. Amelia
6. Ulfatuzaroh
7. Tita
septhani
8. Fitri
ambarwati
9. Muhamad
ilham
10. Hadistia
khairas
JURUSAN MANAJEMEN
ADMINISTRASI
BINA SARANA INFORMATIKA
2012
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................................. ii
BAB I.
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang....................................................................................................................... 1
1.2. Maksud dan tujuan ............................................................................................................. 1
1.3. Rumusanmasalah.................................................................................................................
2
1.4. Metode peneliian ................................................................................................................. 2
1.5. ruang lingkup........................................................................................................... ............ 2
1.6 Sistematika penulisan………………………………………………………………………2
BAB II.
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah PT.careefour
Indonesia............................................................................................ 3
2.2 penjulan barang secara delivery……………………………………………………………3
2.3 Prosedur penjualan
barang di Careefour...………................................................................ 4
2.4 Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penjualan......................................................... 4
BAB III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan ......................................................................................................................... 5
3.2 Saran..................................................................................................................................... 5
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ADSMINITRASI PENJUALAN BARANG’'
Makalah ini berisikan tentang informasi pengertian penjualan barang atau yang lebih khususnya membahas penjualan barang secara delivery ,Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang:. ADSMINITRASI PENJUALAN BARANG’'
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Jakarta
Penyusun
Bab 1
PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Perilaku
konsumen adalah hal yang sangat penting bagi pemasar. Oleh karena itu pemasar
senantiasa mencari tahu dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.Perilaku
konsumen dapat dipahami melalui rangsangan pemasaran dan lingkungan yang
mempengaruhi kesadaran pembeli serta karakteristik pembeli dan proses
pengambilan keputusannya
yang kemudian menghasilkan keputusan pembelian tertentu. Dalam mengembangkan
strategi pemasaran, pemasaran
dituntut kreatif dalam menciptakan penawaran yang menarik untuk mempengaruhi
konsumen. Salah satu cara untuk menciptakan penawaran tersebut adalah promosi.
Promosi merupakan proses penyampaian informasi dari penjual kepada pembeli
untuk mempengaruhi sikap dan
tingkah
laku konsumen. Kegiatan promosi pada saat ini semakin berkembang. Tidak hanya
dilakukan diluar toko namun juga dilakukan didalam toko.
Maksud dan Tujuan
Secara
umum penelitian ini dilaksanakan agar bermanfaat bagi pembaca yang sedang
melakukan penelitian kesebuah instansi swasta, yang diharapkan pembaca dapat
mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang setidak-tidak nya membantu untuk
menjalani kedepannya. Penelitian ini juga dilakukan agar dapat tentang penjualan barang selebihnya secara
delivery yang tepat bagi costumer dan suplier sehingga tidak terjadi kelebihan
dan kekurangan pada saat membeli barang atau pengeluaran barang yang baru
dengan cara melakukan pencatatan pada barang-barang setiap harinya. Pada
perusahaan PT. Carrefour Indonesia, kepuasan pelanggan dapat dipenuhi dengan mengirim kebutuhan sehari-hari
dan peralatan rumah tangga yang cepat
dan mudah dalam membeli cepat.
1
Rumusan Masalah
1)
Penjualan barang secara Delivery
2)
Penjualan dan mempublikasikan barang di
Careefour
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya
penjualan
Metode Penelitian
Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelusuran langsung kesuatu perusahaan
PT.Carrefour, metode pengumpulan makalah ini dari websait Carrefour,dan
disitus-situs internet seperti google.com menurut kelompok kami dari ketiga itu
sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu makalah.
Ruang Lingkup
Mengingat luasnya ruang lingkup
permasalahan pada penjualan
barang secara delivery, maka penulis hanya membatasi penulisan tugas makalah
ini pada proses pembuatan laporan penjualan barang di PT Carrefour.
Sistematika penulisan
Cara penulisan dalam tugas makalah
ini terdiri tiga bab, ini
merupakan tatanan yang dapat membuka pikiran pembaca dan sedapat mungkin diantara
bab yang satu dengan yang lainnya saling berhubung.
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan tentang
latar belakang, maksud dan tujuan,rumusan masalah, metode penelitian, ruang
lingkup, sistematika penulisan.
BAB II
PEMBAHASAN
Pada bab ini berisikan tentang
sekilas PT Carrefour dan struktur delivery, Bab ini memuat teori yang
berhubungan dengan permasalahan yang akan kita bahas, seperti penjualan barang
secara delivery
BAB III
PENUTUP
bab ini berisikan kesimpulan dan
saran
2
Bab II
PEMBAHASAN
II.I SEJARAH
PT CARREFOUR INDONESIA
Carrefour Indonesia
The Preferred Retailer of Indonesian Family
|
II.II PENJUALAN BARANG SECARA DELIVERY
Pengertian: penjualan barang
yang melibatkan pihak ke-3(kurir) berperan sebagai pengantar barang dari
carrefour ke rumah customer.
Peranan manajemen penjualan adalah mengadministrasikan fungsi penjualan tatap muka dalam
marketing mix. Peranan administrasi ini mencakup perencanaan, manajemen dan
pengendalian program-program penjualan, disamping itu juga penarikan, platina,
pengkopensasian, pemotivasian dan pengevaluasian personalia penjualan lapangan.
Jadi manajemen penjualan memiliki pengertian yang dikemukakan oleh Basu Swastha
DH sebagai berikut:
“Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program kontak tatap muka yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan.” (Basu Swastha DH 1998; 26)
“Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program kontak tatap muka yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan.” (Basu Swastha DH 1998; 26)
dan keuntungan dalam Sistem pingiriman barang
ini dipilih untuk
mempermudah customer dalam pembelian
barang dengan ukuran yang
besar.
Tpi perusahan mempunyai kelemahan atau kendala dalam melaksankan progam delivery ini
·
Keadaan cuaca
·
Ke tidak kkepastian ontime yang diinginkan costumer
·
Perusahan hanya
member waktu pengiriman sehari 2X jam 9:30 dan 15:30
Untuk pengiriman
barang ada beberapa tahapan-tahapan &prosedur yang harus dilakukan oleh
pihak customer&carrefour, ketentuannya antara lain sbb:
-
Untuk pembelian barang elektronik(dept
40,41,45 dll)yang berupa tv diatas 25”,refrigenerator,kulkas diatas 100lt,mesin
cuci,standing stove dengan jarak lebih dari 10km
biaya delivery nya
gratis.
-
Untuk pembelian barang bazar(dept 30,33,31 dll) dengan jarak rumah lebih dari 10km akan
dikenakan biaya sesuai jarak rumahnya.
-
Prosedurnya :
1. Customer
melakukan pembayaran dikasir dengan membawa 5 lembar sales slip,untuk biaya
pengiriman gratis dilakukan pembulatan Rp.1,(rounding)
2. Kasir
memisahkan sales slip sesuai ketentuannya.
*Untuk
sales slip warna kuning+sruk copy(warna merah) untuk customer
*sisanya 4lembar sales slip+struk asli
untuk pihak careefour yang akan di bagikan sesuai bagiannya.
3. Kasir
mencatat setiap transaksi dilevery dalam sebuah buku besar sesuai departmennya.
4. Sales
Manager(SM)dibantu staf menginput data customer&barang yang akan dikirim
dalam sebuah rekap harian.
5. Pengiriman
dilakukan 2x dalam sehari,pagi akan dilakukan pada jam 09:30, untuk dilevery
sore nya akan dilakukan pada jam 15:30
6. Setiap
ada transaksi delivery,staf
akan mengambil sales slip yang akan dibawa keruang recieving(gudang)untuk
pengeluaran barang.disaksikan oleh manager scurity, yang akan mengambil salis
slip warna biru. Untuk kurir sales slip warna pink, untuk customermya
sales slip warna putih.
7. Setelah
barang sampai ke customer sales slip warna putih akan ditukar dengan sales slip
warna kuning yag dibawa customer.
-
Untuk barang yang telah dibeli melalui
dilevery bergaransi seminggu yang dapat
ditukar dengan barang lainnya.
-
II.III CARA
PENJUALAN&MEMPUBLIKASIKAN BARANG DI CAREEFOUR
Banyak yang
dilakukankan untuk mengenalkan barang dagangan careefour antara lain:
1.
Melalui media cetak koran, yang berupa
action spot, action spot ini merupakan promo untuk barang dengan harga dibawah
standart nya/bias dikatakan promo diskon,biasanya action
spot ada setiap 3 hari dalam seminggu, jumat, sabtu, minggu.Action spot inibisadilihat di Koran hariankompas
2.
Melalui katalog/majalah carrefour yang
disebar di pintu masuk carrefour yang berlaku setiap2minggusekali.Kataloginiberisiinformasibarangdagangansesuaidenganedisinya/event yang
ada.
3.
Melalui via internet, yang lebih dikenal
dengan via online.program ini jarang digunakan, hanya carrefour lebak bulus karena disana adalah head office nya.Biasanya customer memesan barang
melalui internet dan
melakukan transfer, selanjutnya barang akan dikirim kealama
ttsb.
4.
Dari mulut kemulut.
II.IV FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
ADANYA PENJUALAN
Banyakhal-hal yang mempengaruhi adanya penjualan, antara lain:
1.
Adanya
kebutuhan manusia sehari-hari,
2.
Adanya pihak
supplier yang menyuplai barang,
3.
Faktor mencari
keuntungan,
4.
Adanya
konsumen
5.
Menyingkat
waktu
4
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Demikian proposal ini kami buat.
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan
kami tentang penjualan barang di Carrefour. Kami menyimpulkan bahwa system
penjualan barang di Carrefour tidak hanya secara langsung, melainkan bisa
secara delivery (pengantaran barang langsung ke rumah customer). Dengan adanya
system delivery ini, customer bisa membeli barang dengan mudah di Carrefour.
`
SARAN
-
Selalu berusaha menciptakan cara-cara baru yang lebih
efektif, lebih efisien, dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas
pelayanan.
-
Dapat menciptakan pelayanan yang memenuhi standar waktu,
tempat, biaya, kualitas dan prosedur yang ditetapkan untuk penyelesaian setiap
tugas dalam pemberian pelayanan.
Kami menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di
dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih
banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun guna memperbaiki penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal
ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta
berpartisipasi dalam penyusunan proposal ini. Dan terima kasih juga kepada ‘’PT CARREFOUR
yang telah memberikan informasi kepada kami untuk melengkapi makalah yang telah
kami susun.
5
LEMBAR PERTANYAAN
1.
Apa yang dimaksud dengan penjualan delivery
2.
Bagaiman cara penjualan secara
delivery
3.
Berapa pembayaran secara
delivery menurut jarak
4.
Apa kendala penjualan barang
secara delivery
5.
Apa Keuntungan penjualan secara delivery
6.
Bagaiman mempulikasikan
barang kemasyarakat
7.
Apa faktor-faktor perusahan penjualan secara delivery
Tidak ada komentar:
Posting Komentar