Kamis, 13 Desember 2012

makalah pejualan delivery carrefur bsi

MAKALAH PROSEDUR ADMINISTRASI
PENJUALAN BARANG  

DISUSUN OLEH
Nama Kelompok :
1.      Dita ulut rahmawati
2.      Fransiska femmy noviati
3.      Muthia fanza
4.      Dedek candra
5.      Amelia
6.      Ulfatuzaroh
7.      Tita septhani
8.      Fitri ambarwati
9.      Muhamad ilham
10.  Hadistia khairas


JURUSAN MANAJEMEN ADMINISTRASI
BINA SARANA INFORMATIKA
2012
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................................. ii

BAB I.           
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang....................................................................................................................... 1
1.2. Maksud dan tujuan ............................................................................................................. 1
1.3. Rumusanmasalah................................................................................................................. 2
1.4. Metode peneliian ................................................................................................................. 2
1.5. ruang lingkup........................................................................................................... ............ 2
1.6 Sistematika penulisan………………………………………………………………………2

BAB II.          
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah PT.careefour Indonesia............................................................................................ 3
2.2 penjulan barang secara delivery……………………………………………………………3
2.3 Prosedur penjualan barang di Careefour...………................................................................ 4
2.4 Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penjualan......................................................... 4

BAB III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan .........................................................................................................................  5
3.2 Saran..................................................................................................................................... 5












                                                                                                                          





KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “AD
SMINITRASI PENJUALAN BARANG’'

Makalah ini berisikan tentang informasi pengertian penjualan barang atau yang lebih khususnya membahas penjualan barang secara delivery ,Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang:. AD
SMINITRASI PENJUALAN BARANG’'

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.



Jakarta




Penyusun
























Bab 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

         Perilaku konsumen adalah hal yang sangat penting bagi pemasar. Oleh karena itu pemasar senantiasa mencari tahu dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.Perilaku konsumen dapat dipahami melalui rangsangan pemasaran dan lingkungan yang mempengaruhi kesadaran pembeli serta karakteristik pembeli dan proses pengambilan keputusannya yang kemudian menghasilkan keputusan pembelian tertentu. Dalam mengembangkan strategi pemasaran, pemasaran dituntut kreatif dalam menciptakan penawaran yang menarik untuk mempengaruhi konsumen. Salah satu cara untuk menciptakan penawaran tersebut adalah promosi. Promosi merupakan proses penyampaian informasi dari penjual kepada pembeli untuk mempengaruhi sikap dan tingkah laku konsumen. Kegiatan promosi pada saat ini semakin berkembang. Tidak hanya dilakukan diluar toko namun juga dilakukan didalam toko.

Maksud dan Tujuan

               Secara umum penelitian ini dilaksanakan agar bermanfaat bagi pembaca yang sedang melakukan penelitian kesebuah instansi swasta, yang diharapkan pembaca dapat mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang setidak-tidak nya membantu untuk menjalani kedepannya. Penelitian ini juga dilakukan agar dapat  tentang penjualan barang selebihnya secara delivery yang tepat bagi costumer dan suplier sehingga tidak terjadi kelebihan dan kekurangan pada saat membeli barang atau pengeluaran barang yang baru dengan cara melakukan pencatatan pada barang-barang setiap harinya. Pada perusahaan PT. Carrefour Indonesia, kepuasan pelanggan dapat dipenuhi dengan mengirim kebutuhan sehari-hari dan peralatan rumah tangga yang cepat dan mudah dalam membeli cepat.








1

Rumusan Masalah

1)     Penjualan barang secara Delivery

2)     Penjualan dan mempublikasikan barang di Careefour

               3)  Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penjualan


Metode Penelitian
 Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelusuran langsung kesuatu perusahaan PT.Carrefour, metode pengumpulan makalah ini dari websait Carrefour,dan disitus-situs internet seperti google.com menurut kelompok kami dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu makalah.

Ruang Lingkup
              Mengingat luasnya ruang lingkup permasalahan pada penjualan barang secara delivery, maka penulis hanya membatasi penulisan tugas makalah ini pada proses pembuatan laporan penjualan barang di PT Carrefour.


Sistematika penulisan
       Cara penulisan dalam tugas makalah ini terdiri tiga bab, ini merupakan tatanan yang dapat membuka pikiran pembaca dan sedapat mungkin diantara bab yang satu dengan yang lainnya saling berhubung. 
BAB I               PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan tentang latar belakang, maksud dan tujuan,rumusan masalah, metode penelitian, ruang lingkup, sistematika penulisan.
BAB II                                    
                          PEMBAHASAN
Pada bab ini berisikan tentang sekilas PT Carrefour dan struktur delivery, Bab ini memuat teori yang berhubungan dengan permasalahan yang akan kita             bahas, seperti penjualan barang secara delivery
BAB III
                          PENUTUP
                          bab ini berisikan kesimpulan dan saran


2
                                            Bab II
PEMBAHASAN


II.I  SEJARAH  PT CARREFOUR INDONESIA

Carrefour Indonesia
The Preferred Retailer of Indonesian Family
Carrefour di Indonesia hadir sejak tahun 1996 dengan membuka gerai pertama di Cempaka Putih pada bulan Oktober 1998. Pada saat yang sama, Continent, sebagai perusahaan ritel Prancis, membuka gerai pertamanya di Pasar Festival. Pada tahun 1999, Carrefour dan Promodes (sebagai pemegang saham utama dari Continent) menggabungkan semua kegiatan usaha ritel di seluruh dunia dengan nama Carrefour. Hal tersebut menjadikan Carrefour sebagai ritel terbesar kedua di duni
Sebagai bagian dari perusahaan global, PT. Carrefour Indonesia berusaha untuk memberikan standar pelayanan kelas dunia dalam industri ritel Indonesia. Carrefour Indonesia memperkenalkan konsep hipermarket dan menyediakan alternatif belanja baru di Indonesia bagi pelanggan Carrefour Indonesia. Carrefour menawarkan konsep “One-Stop Shopping” yang menawarkan tempat pilihan dengan produk yang beragam, harga murah, dan juga memberikan pelayanan terbaik sehingga melebihi harapan pelanggan.

Saat ini, Carreour sudah beroperasi di 83 gerai dan tersebar di 28 kota/kabupaten di  Indonesia.

Carrefour Indonesia memiliki sekitar 28,000 karyawan langsung dan tidak langsung seperti SPGs, cleaning service, dll. Carrefour Indonesia telah bermitra dengan sekitar 4,000 pemasok yang hampir 70% adalah UKM (Usaha Kecil Menengah). Selain itu, dengan kehadiran Carrefour di Indonesia, Carrefour dapat membantu industri terkait seperti transportasi, logistik, konstruksi, pergudangan juga akan berkembang berkembang bersama Carrefour membangun negeri.

3



II.II  PENJUALAN BARANG SECARA DELIVERY

           
Pengertian: penjualan barang yang melibatkan pihak ke-3(kurir) berperan sebagai pengantar barang dari carrefour ke rumah customer.

Peranan manajemen penjualan adalah mengadministrasikan fungsi penjualan tatap muka dalam marketing mix. Peranan administrasi ini mencakup perencanaan, manajemen dan pengendalian program-program penjualan, disamping itu juga penarikan, platina, pengkopensasian, pemotivasian dan pengevaluasian personalia penjualan lapangan. Jadi manajemen penjualan memiliki pengertian yang dikemukakan oleh Basu Swastha DH sebagai berikut:
“Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program kontak tatap muka yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan.” (Basu Swastha DH 1998; 26
)
           
dan keuntungan dalam Sistem pingiriman barang ini dipilih untuk mempermudah customer dalam pembelian barang dengan  ukuran yang besar.

Tpi perusahan mempunyai kelemahan atau kendala dalam  melaksankan progam delivery ini
·         Keadaan cuaca
·         Ke tidak kkepastian ontime  yang diinginkan costumer
·          Perusahan hanya member waktu pengiriman sehari 2X jam 9:30 dan 15:30

Untuk pengiriman barang ada beberapa tahapan-tahapan &prosedur yang harus dilakukan oleh pihak customer&carrefour, ketentuannya antara lain sbb:
-          Untuk pembelian barang elektronik(dept 40,41,45 dll)yang berupa tv diatas 25”,refrigenerator,kulkas diatas 100lt,mesin cuci,standing stove dengan jarak lebih dari 10km biaya delivery nya gratis.
-          Untuk pembelian barang bazar(dept 30,33,31 dll) dengan jarak rumah lebih dari 10km akan dikenakan biaya sesuai jarak rumahnya.
-          Prosedurnya :
1.      Customer melakukan pembayaran dikasir dengan membawa 5 lembar sales slip,untuk biaya pengiriman gratis dilakukan pembulatan Rp.1,(rounding)
2.      Kasir memisahkan sales slip sesuai ketentuannya.
*Untuk sales slip warna kuning+sruk copy(warna merah) untuk customer
*sisanya 4lembar sales slip+struk asli untuk pihak careefour yang akan di bagikan         sesuai bagiannya.
3.      Kasir mencatat setiap transaksi dilevery dalam sebuah buku besar sesuai departmennya.
4.      Sales Manager(SM)dibantu staf menginput data customer&barang yang akan dikirim dalam sebuah rekap harian.
5.      Pengiriman dilakukan 2x dalam sehari,pagi akan dilakukan pada jam 09:30, untuk dilevery sore nya akan dilakukan pada jam 15:30
6.      Setiap ada transaksi delivery,staf akan mengambil sales slip yang akan dibawa keruang recieving(gudang)untuk pengeluaran barang.disaksikan oleh manager scurity, yang akan mengambil salis slip warna biru. Untuk kurir sales slip warna pink, untuk customermya sales slip warna putih.
7.      Setelah barang sampai ke customer sales slip warna putih akan ditukar dengan sales slip warna kuning yag dibawa customer.

-          Untuk barang yang telah dibeli melalui dilevery bergaransi  seminggu yang dapat ditukar dengan barang lainnya.
-           








II.III CARA PENJUALAN&MEMPUBLIKASIKAN BARANG DI CAREEFOUR

           
Banyak yang dilakukankan untuk mengenalkan barang dagangan careefour antara lain:

1.      Melalui media cetak koran, yang berupa action spot, action spot ini merupakan promo untuk barang dengan harga dibawah standart nya/bias dikatakan promo diskon,biasanya action spot ada setiap 3 hari dalam seminggu, jumat, sabtu, minggu.Action spot inibisadilihat di Koran hariankompas

2.      Melalui katalog/majalah carrefour yang disebar di pintu masuk carrefour yang berlaku setiap2minggusekali.Kataloginiberisiinformasibarangdagangansesuaidenganedisinya/event yang ada.

3.      Melalui via internet, yang lebih dikenal dengan via online.program ini jarang digunakan, hanya carrefour lebak bulus karena disana adalah head office nya.Biasanya customer memesan barang melalui internet dan melakukan transfer, selanjutnya barang akan dikirim kealama ttsb.

4.      Dari mulut kemulut.



II.IV FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADANYA PENJUALAN

Banyakhal-hal yang mempengaruhi adanya penjualan, antara lain:

1.      Adanya kebutuhan  manusia sehari-hari,
2.      Adanya pihak supplier yang menyuplai barang,
3.      Faktor mencari keuntungan,
4.      Adanya konsumen
5.      Menyingkat waktu


 4

  
BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
             Demikian proposal ini kami buat. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan kami tentang penjualan barang di Carrefour. Kami menyimpulkan bahwa system penjualan barang di Carrefour tidak hanya secara langsung, melainkan bisa secara delivery (pengantaran barang langsung ke rumah customer). Dengan adanya system delivery ini, customer bisa membeli barang dengan mudah di Carrefour.
`
SARAN
-          Selalu berusaha menciptakan cara-cara baru yang lebih efektif, lebih efisien, dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
-          Dapat menciptakan pelayanan yang memenuhi standar waktu, tempat, biaya, kualitas dan prosedur yang ditetapkan untuk penyelesaian setiap tugas dalam pemberian pelayanan.

Kami  menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna memperbaiki penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal ini. Dan terima kasih juga kepada ‘’PT CARREFOUR yang telah memberikan informasi kepada kami untuk melengkapi makalah yang telah kami susun.





5


     LEMBAR PERTANYAAN
1.     Apa yang dimaksud dengan  penjualan delivery
2.     Bagaiman cara penjualan secara delivery
3.     Berapa pembayaran secara delivery menurut jarak
4.     Apa kendala penjualan barang secara delivery
5.     Apa Keuntungan penjualan secara delivery     
6.     Bagaiman  mempulikasikan barang kemasyarakat
7.     Apa faktor-faktor perusahan penjualan secara delivery 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar